10 Komunitas Nomaden Dan Kehidupan Menarik Mereka

10 Komunitas Nomaden Dan Kehidupan Menarik Mereka – Kita seluruh mempunyai hidup kita- sekolah, tempat kegiatan, warung kopi, kafe, serta tempat tidur kita yang aman serta penuh kasih.

10 Komunitas Nomaden Dan Kehidupan Menarik Mereka

kccommunitynews – Namun sempatkah Kamu bingung semacam apa rasanya mengganti hidup betul- betul menjempalit serta hidup dengan metode yang berlainan? Sedang terdapat jutaan orang yang terhambur di semua bumi hidup selaku pengembara, bagus selaku pemburu- pengumpul, mengangon ataupun pengrajin yang menjual benda barangan mereka.

Badui

Dikutip dari yourtripagent, Dengan julukan yang berarti penunggu padang pasir dalam bahasa Arab, tidak membingungkan bila orang Badui mempunyai pangkal nomaden. Salah satu golongan nomaden terbanyak, terdapat dekat 21 juta orang Badui, serta mereka dengan cara konvensional mensupport diri mereka sendiri lewat penggembalaan kambing serta gamal.

Baca juga : Komunitas Kristen Mennonite, Amerika

Bumi modern sudah menarik banyak orang Badui dari style hidup konvensional nomaden mereka, namun apalagi mereka yang bermukim di wilayah perkotaan membuat usaha terfokus buat melindungi adat mereka bertumbuh. Banyak orang Badui sudah hidup di padang pasir paling tidak sepanjang satu milenium saat ini, senantiasa beranjak mencari pangkal air, serta bahasa Arab yang mereka bicarakan dibilang selaku salah satu wujud bahasa yang sangat asli.

Tlingit

Sehabis golongan yang jauh lebih besar, Tlingit, semacam mayoritas golongan pribumi di daratan Amerika, sirna oleh penyakit yang dibawa oleh pengembara Eropa. Tetapi, komunitas dekat 15, 000 sedang menggenggam tanah serta adat- istiadat di wilayah pas di pinggiran Alaska serta British Columbia. Mereka senantiasa ialah bangsa pemburu- pengumpul, dengan sistem perikanan yang kompleks yang membolehkan mereka buat senantiasa mempunyai santapan. Santapan, tidak membingungkan, ialah fitur berarti dari adat, serta mereka tergantung pada diet bermacam- macam yang terdiri dari ikan, anjing laut serta rumput laut dari laut, ditambah buah kasih serta tumbuhan lain dari hutan. Dikala ini, beberapa besar orang Tlingit tidak lagi menjajaki metode hidup yang lama.

Kochi

Orang Kochi merupakan segerombol penggembala, ataupun mengangon, pengembara yang bermukim di Afghanistan. Terdapat dekat 2. 4 juta dari mereka- 1. 5 juta di antara lain sedang menjaga style hidup nomaden. Mereka membesarkan biri- biri serta kambing setelah itu menjual daging, wol serta produk susu yang bisa mereka kumpulkan dari hewan- hewan ini buat membeli santapan lain buat menopang keluarga mereka. Luapan di area itu sudah mengusik pola evakuasi konvensional mereka, yang didetetapkan oleh apa yang butuh mereka jalani buat tingkatkan binatang dengan bagus. Sedangkan dalam sebagian perihal mereka senantiasa terletak di luar apa yang kita kira bumi modern, kalangan Kochi dengan cara konvensional memainkan kedudukan berarti dalam warga Afghanistan, serta mereka sedang melaksanakannya hari ini.

Sarakatsani

The Sarakatsani, beberapa besar dari Yunani, merupakan ilustrasi lain dari golongan yang seluruhnya nomaden yang saat ini sudah alih jauh dari style hidup itu sembari senantiasa berpedoman konsisten pada adat konvensional mereka. Mereka mungkin generasi dari banyak orang Yunani Dorian, yang jadi terasing di pegunungan serta setelah itu mensupport diri mereka selaku mengangon. Mereka merupakan nomaden semenjak dekat era 4th, serta terdapat banyak koneksi antara bahasa, seni serta adat istiadat mereka dengan banyak orang Yunani pra- klasik. Ini sudah dipahami menarik banyak periset dengan metode mereka, namun asal- usul mereka sedang belum seluruhnya dimengerti.

Tuareg

Tidak gampang hidup di Padang pasir Padang pasir, namun seorang wajib melaksanakannya. Tuareg merupakan golongan yang amat kuat, serta mereka sudah melaksanakannya semenjak dekat era 4th ataupun 5th. Terdapat dekat 2 juta dari mereka yang bermukim di semua Padang pasir, paling utama di Niger, Mali serta Burkina Faso. Mereka hidup di beberapa besar famili matrilineal, serta perempuan mempunyai status yang lumayan besar dalam adat mereka. Dalam adat Tuareg, pria yang menggunakan tudung bukannya wanita. Satu perihal yang membuat Tuareg jadi hebat merupakan astronomi- langit padang pasir yang bersih berikan mereka tiap peluang buat mencermati langit malam.

Turis Irlandia

Satu golongan pengembara yang sudah memperoleh nama baik kurang baik dalam adat terkenal merupakan Turis Irlandia. Golongan nomaden yang berpindah- pindah ini menciptakan beberapa penghasilannya dengan mengembangbiakkan anjing semacam bulldog, dengan figur- figur berarti yang lain yang berawal dari perdagangan jaran serta perdagangan benda sisa. Ini merupakan golongan lain dengan asal- usul yang disengketakan; banyak dari mereka berdialog bahasa mereka sendiri, yang, sedangkan beberapa besar berawal dari Irlandia, pula mempunyai sebagian bagian bahasa Romani. Mereka merupakan golongan etnik yang berlainan dari orang Irlandia, walaupun mereka sudah hidup di pulau yang serupa sepanjang lebih dari satu milenium; ini membuktikan kenyataan kalau kedua golongan itu membuat diri mereka amat terpisah.

Pokot

Pokot merupakan banyak orang pastoral yang bermukim di Kenya serta Uganda, yang hidup dengan menggembalakan lembu, biri- biri serta kambing. Mereka mempunyai adat material yang menarik serta bagus yang tercantum perhiasan manik- manik yang kompleks serta kain yang dicetak, namun mereka pula populer sebab narasi orang mereka. Tutur yang diucapkan amat berarti untuk mereka, dengan adagium, misteri, serta narasi yang seluruhnya ialah bagian berarti dari tiap pembelajaran anak Pokot. Terdapat dekat 700, 000 Pokot hari ini, serta mereka belum meninggalkan style hidup nomaden buat suatu yang lebih mapan.

Khoisan

Khoisan merupakan sebutan beramai- ramai buat 2 golongan pengembara- San, ataupun Bushmen, yang merupakan pemburu- pengumpul, serta pastoral Khoi. Keduanya hidup di petak- petak besar Afrika bagian selatan, dengan banyak di antara lain di Padang pasir Kalahari yang kering. Mereka sudah menjaga populasi yang besar di beberapa besar asal usul orang, hidup selaku pemburu- pengumpul hingga cuma sebagian era yang kemudian, kala sebagian dari mereka mengadopsi aplikasi menggiring. Dengan cara genetik, mereka merupakan golongan yang menarik, sebab riset sudah menciptakan fakta buat mengikat mereka dengan cara dekat dengan sebagian orang sangat dini yang terdapat. Pembaharuan yang terjalin di dekat mereka sudah mengecam metode hidup mereka, namun mundur ke padang pasir sudah membolehkan mereka buat mempertahankannya.

Nukak- Maku

Sampai 1981, Nukak- Maku hidup seluruhnya terpisah dari bumi di dekat mereka, tersembunyi jauh di dalam hutan hujan Amazon di Kolombia. Saat ini jumlah mereka kurang dari seribu, sebab banyak yang tewas dampak penyakit yang dideritanya dari pihak luar. Dengan cara konvensional, mereka merupakan pemburu- pengumpul, serta milenium sudah berikan mereka lumayan durasi buat jadi pakar asli dalam perdagangan. Mereka memakai blowgun, panah berbisa, serta ganjur buat mencari bermacam monyet, burung, burung peccari, serta banyak insan serta tumbuhan lain yang bisa dikonsumsi. Mereka tidak, bagaimanapun, mencari rusa ataupun tapir- menurut filosofi mereka, hewan- hewan ini berawal dari asal yang serupa dengan orang serta, oleh sebab itu, wajib didiamkan seorang diri.

Qashqai

Qashqai merupakan golongan pengembara Turki yang bertabiat pastoralis, yang dikala ini mayoritas bermukim di Iran serta berdialog dalam bahasa Persia di sisi bahasa asli Turki mereka Qashqai. Walaupun banyak Qashqai saat ini hidup berdiam, mereka mempunyai asal usul perkataan yang amat kokoh, yang menaruh asal- usul mereka kembali dekat era 11th ataupun 12th di Asia Tengah. Mereka amat populer sebab membordir mereka serta karpet mereka, yang dibuat dari wol Shiraz spesial serta, oleh sebab itu, rupanya lebih terang serta lebih halus dari produk dari tempat lain di negeri ini. Terdapat beberapa kaum yang berlainan di dalam tim, serta totalnya terdapat dekat 1. 5 juta dari mereka.

Close