Asal-usul Komunitas Amish, Keyakinan, Dan Gaya Hidup

Asal-usul Komunitas Amish, Keyakinan, Dan Gaya Hidup – Banyak orang Amish di Amerika merupakan ajaran agama lama, generasi langsung dari Anabaptis dari Eropa era ke- 16. Menjajaki akad keterbukaan berkeyakinan di Amerika, banyak orang Amish tinggal di AS.

Asal-usul Komunitas Amish, Keyakinan, Dan Gaya Hidup

kccommunitynews – Terdapat sebagian golongan orang Amish, yang menjajaki aturan-aturan berlainan yang berhubungan dengan busana, teknologi, serta kehidupan keluarga.

Mengutip google, Amish menjauhkan diri dari warga Amerika serta membelit-belitkan pernikahan kombinasi dengan non- Amish selaku cara buat menjaga nilai- nilai mereka.

Baca juga : Kenapa Komunitas Orang Amish Terpisah Dari Kemodernan?

Anabaptis, Mennonit, dan Amish

Tidak jadi bimbang dengan sebutan anti- Baptis, Kristen Anabaptis- yang sangat dini Amish- menantang pembaruan Martin Luther serta lain- lain sepanjang Pembaruan Protestan. Anabaptis menyangkal baptisan bocah untuk baptisan( ataupun baptisan balik) selaku orang berusia yang yakin. Pula, mereka mengarahkan pembelahan gereja serta negeri, suatu yang tidak sempat terdengar di era 16. Setelah itu diketahui selaku Mennonit, sehabis atasan Anabaptis Belanda Menno Simons( 1496 ke 1561), segerombol besar Anabaptis melarikan diri ke Swiss serta daerah- daerah terasing yang lain di Eropa buat menjauhi penganiayaan agama.

Sepanjang akhir 1600, segerombol orang yang patuh yang dipandu oleh Jakob Ammann merelaikan diri dari Mennonites Swiss, paling utama sebab minimnya penguatan kencang dari meidung ataupun pengucilan— ekskomunikasi badan yang tidak patuh ataupun lupa. Pula, mereka berlainan dalam keadaan lain semacam mencuci kaki serta tidak terdapatnya peraturan kencang mengenai kostum. Golongan ini diketahui selaku Amish serta, hingga hari ini, sedang memberi beberapa besar agama yang serupa dengan sepupu Mennonite mereka. Perbandingan antara Amish serta Mennonit beberapa besar merupakan busana serta metode berdoa.

Amish Settlements di Amerika

Golongan Amish yang lumayan besar awal datang di Amerika di dekat 1730 serta berdiam di dekat Lancaster County, Pennsylvania, selaku hasil dari penelitian William Penn dalam keterbukaan berkeyakinan.

The Pennsylvania Amish tidaklah golongan terbanyak dari AS Amish semacam yang biasanya dipikirkan. Orang Amish sudah berdiam di negeri bagian 24, Kanada, serta Amerika Tengah, walaupun dekat 80 persen berada di Pennsylvania, Ohio, serta Indiana. Fokus Amish terbanyak terdapat di Holmes County, Ohio, serta kabupaten yang berdampingan di timur laut Ohio dekat 100 mil dari Pittsburgh. Berikutnya dalam dimensi merupakan segerombol orang Amish di Elkhart serta kabupaten sekelilingnya di Indiana timur laut. Setelah itu tiba pemukiman Amish di Lancaster County, Pennsylvania.

Populasi Amish di AS jumlahnya lebih dari 150, 000 serta lalu meningkat, sebab dimensi keluarga besar( pada umumnya 7 anak) serta tingkatan penahanan badan gereja dekat 80 persen.

Pesanan Amish

Seluruh pandangan kehidupan Amish didikte oleh catatan ketentuan tercatat ataupun perkataan, yang diketahui sebagaiOrganisasi ataupun” perintah” dalam bahasa Jerman, yang menguraikan dasar- dasar kepercayaan Amish serta menolong mendeskripsikan apa maksudnya jadi Amish. Buat orang Amish, Ordnung bisa memerintah nyaris seluruh pandangan style hidup seorang, mulai dari busana serta style rambut sampai style buggy serta metode bertani. The Ordnung bermacam- macam dari komunitas ke komunitas serta antaran buat memesan, yang menarangkan kenapa Kamu hendak memandang sebagian Amish mengemudikan mobil, sedangkan yang lain tidak menyambut pemakaian lampu berenergi baterai.

Dengan sebagian ditaksir, terdapat sebesar 8 antaran berlainan dalam populasi Amish, dengan kebanyakan berafiliasi dengan salah satu dari 5 perintah agama: Sistem Lama Amish, Sistem Terkini Amish, Andy Weaver Amish, Beachy Amish, serta Swartzentruber Amish. Gereja- gereja ini bekerja dengan cara bebas satu serupa lain dengan perbandingan dalam metode mereka melaksanakan agama mereka serta melaksanakan kehidupan tiap hari mereka. Sistem Lama Amish merupakan golongan terbanyak. The Swartzentruber Amish, suatu agen dari Sistem Lama, merupakan yang sangat konvensional.

Amish Dress

Ikon dari kepercayaan mereka, style busana Amish mendesak kehinaan batin serta pembelahan dari bumi. Baju Amish dengan style yang amat simpel, menjauhi seluruh melainkan bunga yang sangat pokok. Busana terbuat di rumah kain polos serta paling utama bercorak hitam.

Pria Amish, dengan cara biasa, mengenakan jaket serta baju hujan lurus tanpa kerah, kerah, ataupun kantong. Celana jauh tidak sempat kusut ataupun manset serta dikenakan dengan suspender. Sabuk dilarang, semacam sweater, dasi, serta sarung tangan. Baju laki- laki diikat dengan kancing konvensional di beberapa besar antaran, sedangkan jaket jaket serta rompi diikat dengan pengait serta mata. Laki- laki belia dicukur bersih saat sebelum menikah, sedangkan laki- laki yang telah menikah dimohon buat membiarkan brewok mereka berkembang. Berengos dilarang.

Perempuan Amish umumnya menggunakan baju warna keras dengan tangan jauh serta rok penuh, ditutupi dengan jubah serta celemek. Mereka tidak sempat memotong rambut mereka, serta memanfaatkannya di kepangan ataupun bun di bagian balik kepala yang dirahasiakan dengan topi putih kecil ataupun topi gelap. Busana diikat dengan jarum semat lurus ataupun kancing, stoking merupakan katun gelap, serta sepatu pula gelap. Perempuan Amish tidak diizinkan menggunakan busana ataupun perhiasan beraturan. Ketentuan antrean Amish khusus bisa memastikan keadaan berpakaian yang akurat semacam jauh rok ataupun luas jahitan.

Penggunaan Teknologi

Orang Amish menentang teknologi apa juga yang mereka rasakan melemahkan bentuk keluarga. Sarana semacam listrik, tv, mobil, telepon, serta traktor dikira selaku bujukan yang bisa menimbulkan kesia- siaan, menghasilkan ketidaksetaraan, ataupun membuat orang Amish menghindar dari komunitas mereka yang akrab serta, sebab itu, tidak didorong ataupun diperoleh di beberapa besar antaran.

Mayoritas orang Amish meningkatkan cerang mereka dengan mesin- mesin jaran, bermukim di rumah- rumah tanpa listrik, serta berkelana dengan kereta- kereta jaran. Merupakan biasa untuk warga Amish buat memperbolehkan pemakaian telepon, namun tidak di rumah. Kebalikannya, sebagian keluarga Amish hendak memberi telepon di pondok kusen di antara tanah pertanian.

Listrik terkadang dipakai dalam suasana khusus, semacam pagar listrik buat peliharaan, lampu listrik mengedip pada sepur, serta pemanasan rumah. Kincir angin kerap dipakai selaku pangkal daya listrik yang diperoleh dengan cara natural dalam kondisi semacam itu. Ini pula tidak lazim buat memandang Amish memakai sarana era 20th semacam sepatu inline, popok sekali gunakan, serta pemanggang barbekyu gas sebab mereka tidak dilarang dengan cara spesial oleh Ordnung.

Teknologi biasanya di mana Kamu hendak memandang perbandingan terbanyak antara antaran Amish. Swartzentruber serta Andy Weaver Amish merupakan ultrakonservatif dalam pemakaian teknologi— Swartzentruber, misalnya, tidak memperbolehkan pemakaian lampu baterai. Sistem Lama Amish mempunyai sedikit khasiat buat teknologi modern namun diizinkan buat mengemudikan alat transportasi bermotor tercantum pesawat serta mobil, walaupun mereka tidak diizinkan memilikinya. Sistem Terkini Amish memperbolehkan pemakaian listrik, kepemilikan mobil, mesin pertanian modern, serta telepon di rumah.

Amish Education

Amish amat beriktikad pembelajaran, namun cuma membagikan pembelajaran resmi lewat kategori 8 serta cuma di sekolah swasta mereka sendiri. Amish dikecualikan dari kedatangan harus negeri di luar kategori 8 bersumber pada prinsip- prinsip agama, hasil dari ketetapan Dewan Agung 1972 AS.

Sekolah Amish satu- kamar merupakan badan swasta yang dioperasikan oleh orang berumur Amish. Sekolah berkonsentrasi pada membaca dasar, menulis, matematika, serta geografi, bersama dengan penataran pembibitan keahlian serta pemasyarakatan dalam asal usul serta nilai- nilai Amish. Pembelajaran pula ialah bagian besar dari kehidupan rumah dengan keahlian pertanian serta kerumahtanggaan yang dikira selaku bagian berarti dari pembelajaran kanak- kanak Amish.

Kehidupan Keluarga Amish

Keluarga merupakan bagian sosial sangat berarti dalam adat Amish. Keluarga besar dengan 7 sampai kanak- kanak 10 merupakan biasa. Tugas- tugas nyata dipecah oleh kedudukan seks di rumah Amish— laki- laki umumnya bertugas di cerang sedangkan istrinya membersihkan, mensterilkan, memasak, serta profesi rumah tangga yang lain. Terdapat dispensasi, namun umumnya papa dikira selaku kepala rumah tangga Amish. Bahasa Jerman dipakai di rumah walaupun bahasa Inggris pula diajarkan di sekolah. Amish menikahi Amish. Tidak bisa terdapat pernikahan aduk.

Perpisahan tidak diizinkan serta pembelahan amat tidak sering.

Close